Perbedaan Kucing Persia Dan Anggora Dari Segi Fisik Dan Sifat

Pencinta kucing semua sudah tidak asing lagi mendengar tentang jenis kucing angora atau kucing Persia? Dua jenis kucing ini merupakan kucing yang paling populer bagi pencinta kucing, khususnya di indonesia. Tak hanya karena populer, tapi kucing – kucing ini juga terkenal keindahan serta kelucuannya. Kucing Anggora yang anggun juga Persia yang menggemaskan. Pasti banyak perbedaan kucing Persia dan Anggora. Yang masing masing dari kucing ini punya keunikan dan ke khasan pada bagian tubuh mereka.

Perbedaan kucing Persia dan Anggora tak sulit untuk diamati. Masing masing kucing memiliki perbedaan jelas, tapi pada tahun 80 sampai 90-an banyak terdapat sejarah perselisihan tentang asal usul ras asli jenis tipe Anggora juga Persia. Pada jaman itu susah untuk tahu perbedaan kucing Anggora dan Persia. Untuk selengkapnya anda simak awal sejarah dan perbedaan kucing Persia dan anggora pada artikel ini ya!

Perbedaan Kucing Persia Dan Anggora

Kucing Persia

Sama dengan namanya, kucing persia ini asalnya dari wilayah Iran (Persia). Kucing persia memiliki sifat cenderung tidak banyak bergerak, lembut, dan patuh. Berjalan dengan perlahan seolah ‘keberatan badan’, dan tampak agak malas-malasan. Dengan cara berjalan ini membedakannya dengan Anggora yang lebih luwes ketika sedang berjalan.

Ciri fisik kucing persia

  • Bentuk wajah bulat.
  • Bulu tebal hingga terlihat seolah tidak memiliki leher.
  • Berperawakan gemuk.
  • Memiliki hidung yang pesek.
  • Ekor memanjang dan memiliki bulu yang tebal
  • Mata membulat.
  • Posisi hidung, dahi, dan dagu kucing persia membantuk garis lurus
  • Kaki pendek dan kekar (besar), dengan ujung kaki (bagian cakar) membulat besar.

Kucing Anggora

Layaknya kucing persia, Anggora berasal dari Turki, yang dulu dinamai daerah Anggora. Dilihat dari tatapan matanya terlihat perbedaannya dengan kucing persia. Tatapan kucing anggora lebih ‘sharp’ (tajam) dibanding kucing persia.

Ciri-ciri fisik kucing anggora

  • Perawakannya mirip dengan kucing lokal. Bulu dan ekor yang lebih tebal seperti musang. Bulu kucing anggora tak sampai menutupi lehernya, jadi masih tetap kelihatan, tak seperti kucing persia seolah tidak memiliki leher karena tebal bulunya.
  • Bentuk kepala menyerupai bentuk segitiga lonjong.
  • Sifat kucing anggora cenderung ingin tahu dan cerdas, tidak seperti kucing persia yang sangat kemayu.
  • Kucing anggora juga pandai berpose hingga ia keliatan lebih imut

Perbedaan Kucing Persia Dan Anggora Dari Kepribadiannya

Sifat dan karakter kucing Anggora adalah kucing yang aktif, suka bermain, mempunyai emosi yang kurang stabil. Kadang kucing ini gampang marah ketika diganggu dan tidak suka dipengang telalu lama. Kucing ini punya rasa keingintahuan tinggi dan mudah  diajari. Bila berjalan, kucing Anggora terlihat seperti pragawati. Ini sesuai dengan bentuk tubuhnya yang langsing. Dan karakter kucing Persia berbeda dengan kucing Anggora.

Persia relatif lebih pendiam dan bawaannya tenang. Bahkan rasa keingintahuannya kurang dan kucing ini memiliki sifat manja. Oleh karena itu, bila kamu suka memanjakan peliharaan, lebih baik memilih kucing Persia. Tapi, jika lebih suka mengajak bermain hewan peliharaan, lebih baik memilih kucing Anggora.

Kucing Anggora suka sekali bermain dan berlari-lari. Kucing ini begitu aktif. Bila kamu memelihara kucing Anggora ini, maka kamu akan jarang sekali melihat dia diam. Sedangkan, untuk kucing persia lebih sulit diajak bermain. Kucing ini sering diam dan manja dengan majikannya. Hal ini kemungkinan dipengaruhi ukuran badannya yang besar. Jadi terlihat malas.

Leave a Reply