Obat Cacing Untuk Kucing Yang Ampuh Dan Aman Dikonsumsi

Di dunia ini bukan hanya manusia yang bisa cacingan. Ternyata kucing juga bisa. Disamping itu cacingan ini dapat menyerang binatang mamalia lainnya lho! Bila kucing yang sedang terkena penyakit cacingan dalam sistem pencernaannya ini pasti akan sangat terganggu. Secara umum ternyata kucing yang terkena cacing ini mempunyai tanda seperti nafsu makan yang turun, diare dengan kucing muntah berlebihan dan berat badan turun secara drastis.

Faktor utama penyebab cacingan yakni kebersihan baik itu lingkunga hingga ke makanan dan minuman. Dalam lingkungan yang tidak terjaga ataupun tidak terawat bisa menyebabkan cacingan. Ini karena si kucing yang suka memakan hal apapun.

Jenis Cacing Dan Obat Cacing Untuk Kucing

Nah, sebelum lebih jauh membahas cara mengobati cacing pada kucing, simak jenis cacing yang bisa menyerang kucing kesayangan.

 

Kucing terkena Cacing Gelang

Hewan cacing gelang dapat menyerang kucing lho. Meski cacing jenis ini tidak membuat masalah serius pada kucing dewasa. Namun ini juga bisa berpotensial memberikan masalah yang besar untuk anakan kucing 1 bulan hingga 3 bulan ini. Anak kucing yang terserang cacing gelang mempunyai efek seperti perut buncit,diare dan bercak darah juga kekurangan gizi yang akan membuat badan anak kucing kurus.

Cacing Pita pada Kucing

Ini merupakan cacing yang dapat menyerang tubuh kucing dengan ganas. Cacing pita juga bisa menyebabkan diare apalagi sampai berak darah. Bila hal ini tak ditangani secepatnya dan dibiarkan begitusaja usus akan terinfeksi. Juga kekurangan asupan gizi, sehingga kucing menjadi kurus dan bisa terjadi penyumbatan usus. Oleh karena itu lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikan obat cacing untuk kucing yang khusus secara teratur.

Obat Cacing Untuk Kucing Yang Ampuh

Anda dapat membeli obat cacing yang khusus anak kucing ini di apotik terdekat di kota anda. Pada dasarnya untuk harga obat cacing ini memang sama seperti harga obat cacing manusia. Kita juga dapat membuat obat cacing yang terbuat dari bahan-bahan alami atau obat cacing untuk kucing yang tradisional. Tetapi mayoritas pecinta kucing memilih obat cacing yang cair atau  tablet karena praktis. Ini cocok untuk semua jenis kucing. Namun harus  diingat obat cacing untuk kucing tidak dianjurkan bagi kucing yang hamil maupun kucing indukan sedang menyusui.

Drontal Plus (bayer)

Obat ini mengandung febantel, prazyquantel, dan pryrantel. Biasa digunakan untuk anjing yang terkena cacing. Tapi anda bisa memberikannya pada kucing sesuai dosis yang tepat. Jenis obat ini jangan anda berikan pada kucing hamil karena kandungan febantel dapat menyebabkan cacat pada anak kucing.

 

Vermox

Obat jenis vermox untuk mengatasi cacing mengandung mebendazole yang mempunyai fungsi untuk mengusir ataupun menyingkirkan cacing gelang dan cacing pita dalam tubuh kucing. Sehingga obat ini bisa kamu gunakan mengobati kucing yang terkena penyakit cacingan juga obat ini sangat mudah diperoleh di apotik dan petshop yang terdekat.

Combantrin (prizer)

Bukan hanya dapat mengobati cacingan manusia, combantrin (prizer) juga bisa digunakan untuk kucing. Pyrantel yang ada pada obat ini bisa mengatasi cacing gelang yang menyerang kucing anda.

 Drontal Cat (bayer)

Merk obat ini cukup baik digunakan bagi kucing cacingan adalan drontal cat. Ini karena menggunakan bahan pyrantel dan prazyquantel yang mampu membabat habis cacing pita atau gelang yang ada pada tubuh kucing. Obat ini dapat dibeli di apotik dan petshop.

 

 

 

 

 

Leave a Reply