4 Jenis Kucing Siam Untuk Peliharaan Beserta Perawatannya

Apakah kita pernah terfikir untuk dapat memelihara kucing yang unik atau kucing yang anti mainstream? Nah, jika anda ingin memelihara kucing lain dari biasanya, kucing yang unik, saya punya saran untuk memelihara ras kucing yang aslinya dari Asia yakni Kucing Siam. Tahukah anda kalau sebenarnya Ras Siamese Cat ataupun ras Kucing Siam adalah salah satu ras kucing yang sangat terkenal di dunia? Akan tetapi kalau di Indonesia mungkin ras kucing ini masih jarang yang mengetahuinya.

Sama dengan sejarah kucing persia ataupun anggora yang memperoleh nama dari negara atau kota asalnya. Nah, kucing siam atau yang bernama siamese cat juga memperoleh sebutan dari nama negara asalnya. Negara asalanya yakni Siam atau sekarang yang lebih dikenal dengan Negara Thailand. Kucing ras ini mempunyai sejarah panjang dan menarik karena penghobi kucing siam tidak kalah jauh dari penghobi kucing anggora dan persia.

Kucing Siam Dilihat Dari Jenis Dan Cirinya

Hewan unik kucing siam yang mempunyai bentuk tubuh serta warna bulu yang mempunyai nilai seni dan estetika ini sangat mudah mendapat popularitasnya. Dengan perpaduan warna yang ideal dan juga bentuk tubuh yang langsing juga tegap menjadikan para peternak ingin memperoleh keuntungan. Mereka lalu melakukan perkawinan silang sampai akhirnya muncullah berbagai jenis varian jenis kucing. Nah, beberapa jenis kucing yang telah menuruni sifat dan karakteristik dari kucing siamese ini adalah kucing himalaya, kucing bali, kucing burma, Ocicat sampai kucing jawa.

Old-Style Siamese

Memang agak sedikit susah untuk membedakan kucing dengan jenis Applehead dan Old-style. Mereka berdua sangat mirip dan identik. Keduanya sama-sama kuat juga berpostur besar. Tetapi Old-style lebih kecil juga ramping dibandingkan applehead.

Ciri kucing Siam ini bentuk wajahnya sedikit agak lebih memanjang dengan bentuk wajah yang cenderung segitiga. Hidungnya yang besar dengan beberapa corak yang kurang jelas di bagian hidung. Disamping bentuk jenis kucing ini hampir mirip applehead, kucing old-style juga punya kemiripan dengan kucing siam modern. Tapi old-style lebih atletis bila di sandingkan yang modern.

Applehead Siamese

Jenis kucing ini mmperoleh nama dari bentuk kepalanya yang mirip buah apel. Kucing siam jenis Applehead mempunyai tubuh yang besar juga gempal. Awalnya mereka tampak kekuatan dari otot-otot serta tubuh besarnya, jenis itu merupakan jenis yang asli diimport dari Thailand. Namun sayang, saat ini banyak kucing Applehead hasil kawin silang dengan shorthair. Jadi kita akan menemui jenis yang agak lebih ramping akan tetapi tetap memiliki wajah bulat juga postur tubuh lebih pendek.

Modern Wedge Siamese

Lebih dikenal dengan modern siam, mempunyai bentuk tubuh ekstrim. Yakni tubuhnya berbentuk tajam dan menyerupai segitiga runcing atau wedge pada bagian kepala juga telinga. Kucing ini lebih sering menjadi kucing show karena keunikan bentuk tubuhnya. Tubuhnya memanjang namun ramping. Kecenderungan bentuk kepala kecil juga telinga yang lebih besar ini mengakibatkan beberapa kasus cacat lahir yang terlihat. Seperti cacat anak kucing yang bahkan lahir dengan mata di kepala mereka. Ada pula kasus kerusakan pada organ termasuk kardiomiopati juga gagal ginjal. Ini memperpendek kehidupan bagi banyak contoh jenis kucing.

Classic Siamese

Kucing siam satu ini yang tidak berbentuk ekstrim dan normal. Layaknya seperti kucing tradisional old-style. Jenis kucing ini adalah kucing yang mempunyai bentuk tubuh asli yang berasal dari Thailand. Bentuk tubuh yang atletis dengan tubuh serta ekor memanjang. Bentuk kepala dan telinganya besar bulat.

Incoming search terms:

  • kucing siam campuran

Leave a Reply