Ketahui Ciri Kucing Sakit Demam Panas Dan Cara Mengobatinya

Ulasan ini adalah berisi informasi untuk dapat mengecek apakah kucing peliharaan kesayangan anda sedang terserang demam atau tubuhnya lebih panas dari suhu badan yang biasannya. Sebelum kita membahas cara mengobatinya, anda bisa membaca ciri-ciri kucing sakit demam panas. Adapun penyebabnya memang dapat bervariasi, contohnya seperti infeksi jamur, virus penyakit, peradangan, kekebalan tubuh yang menurun, sampai dengan alergi pada obat-obatan.

Dalam artikel ini akan kami sampaikan beberapa ciri ciri dan juga cara lengkap untuk mengobati kucing yang sedang sakit demam panas. Maka dari itu simak terus artikel berikut ini:

Ciri Ciri Kucing Sakit Demam Panas

Kucing Selalu Tidur

Ya, lebih sering tidur ini memang sebuah perubahan perilaku yang memang dapat terlihat dengan mudah. Kucing kita yang biasanya berlari-lari dan bermain atau tingkahnya hyper aktif tiba-tiba menjadi suka tidur secara terus menerus. Ini juga dapat menjadikan tanda kucing itu sakit demam.

Suhu Badan Kucing Lebih Panas

Ini adalah ciri yang jelas. Demam yang melanda si kucing pastinya badannya terasa panas. Hal ini memang tak berbeda jauh dengan demam yang terjadi pada manusia. Kalau saat andamemegang kucing dan terasa panas pada badannya. Berarti kucing itu sedang sakit demam.

Kucing akan Kehilangan Nafsu Makan

Gejala yang muncul dari kucing tidak mau makan memang terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkannya. Demampun termasuk salah satu penyebab kucing tidak mau makan loh! Bila sudah diduga terkena demam, kucing dikasih makananan favoritnya juga tidak akan mau makan!

Cara Mengatasi Kucing Yang Sakit Demam

Berilah Suplemen Energi juga Vitamin B

Selain anda bisa memberi kucing anda obat-obatan, berikan suplemen energi juga vitamin B untuk dapat meningkatkan nafsu makan si kucing. Umumnya yang terjadi memang kucing tidak mau makan karena badan kucing kurang sehat. Bila hal ini dibiarkan saja dan jarang makan, maka kondisi tubuh kucing semakin memburuk. Disamping dapat sebagai penambah nafsu makan, manfaat suplemen energi dan vitamin B juga dapat memberikan nutrisi yang lebih yang tidak diperoleh pada makanan kucing yang biasanya.

Memberikan Asupan Air Putih Yang Cukup

Tujuan dalam memberi air minum adalah untuk mencegah dehidrasi saat kucing itu sedang mengalami demam. Anda bisa menyediakan air minum yang cukup banyak. Hal ini juga menjadi salah satu tips untuk mengatasi kucing yang terkena demam tanpa perlu memberikan obat.

Berikan  Obat Anti Demam Khusus Kucing yang Aman

Disamping anda menerapkan cara alternatif diatas, anda juga bisa memberikanberbagai  obat anti-demam yang baik,. Nah, salah satu obat khusus kucing yaitu tolfenamic acid, mengapa? Karena dapat menangani berbagai masalah demam yang termasuk infeksi, trauma, tumor, dan jenis penyakit yang terjadi pada kucing lainnya.

Jenis Obat Tolfenamic acid juga dapat diberikan ke kucing yang sedang terkena demam menggunakan dosis 1tablet untuk 3 hingga 5 hari. Obat ini khusus untuk berat badan kucing yang memiliki berat 1,5kg dapat diberikan 1 tablet setiap hari. Jika kucingnya mempunyai berat badan antara 4 sampai 5Kg, anda bisa memberikan 3 tablet seharinya.

Bawa Kucing ke Dokter Hewan

Cara ini adalah alternatif  terakhir bila semua yang dilakukan tidak mempunyai harapan lagi. Paling tidak anda menunggu dalam waktu 24 jam dan mengobati kucing dirumah tanpa ke dokter hewan lebih dahulu.

Dan apabila dalam 1 hari tak memberi efek positif, maka harus segera bawa ke dokter hewan yang terdekat supaya bisa ditangani secara cepat.

 

Leave a Reply