Jenis Kucing Persia Hitam Putih Dan segenap Fakta Uniknya

Di Negara kita Indonesia jenis kucing persia sudah menjadi salah satu hewan peliharaan yang favorit bagi kebanyakan orang. Wajar saja, mayoritas penduduk beragama Islam. Binatang kucing menjadi alternatif peliharaan paling aman dan nyaman sebagai teman keluarga di rumah. Di Indonesia terdapat beberapa jenis kucing persia yang populer. Diantaranya adalah  jenis kucing persia medium, persia himalayan, persia flatnose, dan persia peaknose. Ada juga kucing Persia dengan warna bulunya yang putih, hitam juga kucing Persia hitam putih yang unik. Setiap jenis yang telah disebutkan barusan memiliki jumlah penggemar dan pecintanya masing-masing dalam jumlah yang cukup besar. Ini terbukti dengan munculnya banyak komunitas-komunitas pecinta kucing persia di berbagai kota di Indonesia.

Jika dilihat dari luar kucing Persia terlihat seperti bola bulu. Namun nyatanya di bawah mantel bulunya terdapat tubuh berotot juga kokoh. Berikut ini fakta unik tentang kucing Persia.

Fakta Unik Kucing Persia Hitam Putih

Wajah Kucing Yang Tidak Selalu Rata

Disamping keunikan mantel bulunya, karakteristik yang paling khas dari kucing Persia adalah wajahnya yang rata. Meskipun demikian, ras ini tidak selalu berwajah rata. Kucing ras ini dulu pernah memiliki moncong yang lebih jelas. Tetapi pada tahun 1950 mutasi genetik mengakibatkan sejumlah anak kucing terlahir dengan wajah rata. Para peternak menyukai tampilan ini, dan selama bertahun-tahun mereka melakukan pembiakan selektif agar bentuk hidungnya semakin pesek.

Ada yang dikenal sebagai kucing “wajah boneka” pada beberapa jenis persia ini. Masih tampak seperti nenek moyangnya yang mancung. Sementara sebagian lainnya memiliki wajah rata yakni ras Persia modern. Namun sayangnya, ras Persia modern ini memiliki beberapa masalah kesehatan, misalnya sesak napas, mata berair dan sering mengalami kesulitan saat memakan makanan mereka.

Ada banyak ukuran, warna, dan varian

Meskipun kucing Persia yang jadi ikon dari budaya pop biasanya berwarna putih atau perak, ras ini punya banyak warna dan corak. Mulai dari warna hijau penyu dan belacu sampai warna jingga, abu-abu, dan juga hitam-putih, variannya sangat banyak. Sub-varian lain dari kucing ini ada yang seukuran mainan dan cangkir teh, yakni jenis kucing Persia Himalaya (yang merupakan persilangan antara Persia dan Siam) dan Chinchilla Longhairs, yang memiliki hidung mancung dan bulu hitam.

Mirip Angora Turki

Kucing Persia hitam putih sangat mirip dengan kucing Angora Turki, yang merupakan ras lain dari kucing berbulu lebat yang datang ke Eropa dari Mediterania pada tahun 1500-an. Dua jenis kucing ini disilangkan selama bertahun-tahun agar menghasilkan ras Persia berbulu lebih leba. Sampai kucing Angora hampir saja punah. Turki juga melakukan program pengembangbiakkan untuk menyelamatkan Angora. Mereka menyilangkan kucing ras Persia berperawakan gempal,  mata bulat, kepala lebih besar dan bulu yang sedikit lebih panjang. Dengan Angora Turki yang telinganya lancip, berperawakan lentur, dan ekor berbulu lebat.

Jenis kucing persia begitu disukai karena memiliki karakteristik yang cukup kalem dibandingkan dengan kucing jenis lainnya. Jika dilihat semua jenis kucing persia yang ada, mungkin hanya persia himalayan yang aktif bergerak. Ini dikarenakan pengaruh gen kucing siamese dalam tubuh persia himalayan. Selain itu dia cukup bersahabat dengan manusia, mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, dan tidak mudah stres. Sehingga kucing persia semakin populer dan disukai sebagai hewan peliharaan. Atas karakteristik yang dimilikinya ini, kucing persia cocok sekali  jadi hewan peliharaan anda yang tak suka hewan agresif dan kurang bersahabat.

Incoming search terms:

  • Karakter kucing persia hitam putih
  • persia hitam putih
  • warna kucing persia hitam putih

Leave a Reply