Penyebab Dan Cara Mengatasi Kucing Mencret Dengan Mudah

Tahukah kamu kalau sebenarnya kucing itu menjadi salah satu hewan yang mudah terkena penyakit. Apalagi pada proses pencernaan. Penyakit pada pencernaan si kucing yang cukup sering dialami adalah penyakit mencret atau diare. Namun akan lebih bahayanya lagi, ada pula kucing mencret lalu mutah, lemas, kucing tidak mau makan bahkan hingga berdarah! Nah, hal itu sudah sampai ke tahap penyakit yang serius.

Adapaun ciri dari kucing terkena penyakit mencret ataupun diare yaitu adanya gangguan yang terjadi dalam saluran cerna atau usus yang ditandai dengan adanya perubahan di bentuk tinja kucing yang lebih encer. Mencret yang terjadi juga meningkatkan frekuensi buang air besar yang berlebih pada si kucing.
 

Penyebab Kucing Mencret

Jika penyakit ini terjadi pada kucing kesayangan anda, hal pertama yang perlu diketahui yakni penyebab mengapa kucing kita bisa terkena diare atau mencret. Kucing menceret atau diare terjadi karena infeksi virus yang sedang menyerang kucing yaitu adenovirus juga rotavirus. Jika penyakit ini berlangsung lama dapat dikatakan sebagai diare akut dan hal ini disebabkan karena alergi makanan, malabsorsi ataupun bahkan pemberian obat berlebih.

Pemilihan Produk Susu yang Sembarangan

Diare pada kucing bisa juga terjadi karena meminum produk susu dari merk sembarangan. Hal ini karena pada dasarnya hewan yang menggemaskan ini tidak bisa mencerna laktosa. Maksudnya bahwa sebagian besar susu itu mengandung laktosa yang tak dapat dicerna dengan baik oleh seekor kucing. Makanan lain yang mengandung laktosa diantaranya susu, es krim, keju dan yogurt.

Makanan Sisa

Sebaiknya anda jangan membiarkan hewan peliharaan anda keluar rumah. Itu bisa membuatnya memakan makanan sisa ataupun makanan yang sudah ada di tempat sampah saat kucing lapar. Ini menjadi pemicu dalam terganggunaya saluran pencernaan pada kucing dan menjadikannya mencret atau diare.

Cara Mengatasi Kucing Mencret

Minum Oralit khusus hewan

Ternyata ada produk oralit khusus hewan. Oralit ini sudah banyak tersedia di Pet Shop dekat Anda. Anda bisa beli dan tanya kepada penjualnya, lalu tanyakan saran pemakaian obatnya.

Multivitamin Untuk Kucing

Bukan hanya manusia saja, kucingpun bisa diberi multivitamin agar menjaga ketahanan dan kekebalan tubuhnya dari penyakit. Kamu bisa membelinya di toko hewan terdekat. Disamping untuk menjaga ketahanan tubuh, multivitamin yang khusus kucing ini bisa membantu melawan virus yang menjadi penyebabkan sakit diare ataupun mencret.

Kalian juga bisa memberikan mulitvitamin serta nutrisi khusus supaya tubuh si kucing tidak lemas karena terlalu banyak mengeluarkan kotoran. Cobalah berikan obat cacing khusus untuk kucing apabila obat adsorben sudah tak berhasil menangani permasalahan anda. Bisa jadi kucing mencret karena cacingan.

Beri Makan Tempe

Anda bisa memberikan pertolongan lain pada kucing yang mencret yaitu memberikan tempe. Salah satu makananyang dimakan  manusia ini mempunyai manfaat yang cukup ampuh mengatasi kucing yang diare. Apabila dirumah ada tempe, masak dulu supaya kucing mau memakannya.

Yogurt Berikan Hanya Saat Mencret

Anda bisa beri kucing Yogurt, kenapa? Dalam Yogurt mengandung bakteri baik Lactobacillus. Ini masuk kategori non patagon. Dan menurut ahli kesehatan, ternyata bakteri ini baik untuk usus dan membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh. Pilih saja Yogurt yang nonlaktosa atau kadar laktosanya rendah. Beri 1-2 sendok teh dalam beberapa hari sekali.

Demikianlah uraian mengenai penyebab dan cara mengatasi kucing menceret. Semoga dapat bermanfaat untuk kucing kesayangan yang anda pelihara dirumah.

Incoming search terms:

  • jenis yogurt yg bisa mengatasi kucing mencret
  • obat menceret dan lemas kucing anggora
  • penyeban kucing mencret

Leave a Reply