Cara Menangani Kucing Melahirkan Dan Tanda Tandanya

Seperti pada manusia, kucing juga makhluk hidup yang bisa berkembang biak. Jika merawat atau mengurus kucing di rumah diperlukan berbagai pengetahuan mengenai kucing kapan akan melahirkan anaknya. Kucing melahirkan akan kita bahas di sini.

Setelah kucing mengandung kurang lebih 2 bulan, maka akan menuju proses dan tahap yang ditunggu-tunggu yaitu kucing akan melahirkan. Sebagai pemilik sebaiknya kita tahu cara menangani kucing yang akan melahirkan.

Terdapat tanda-tanda dan persiapan untuk kelahiran kucing. Saat sampai pada akhir periode masa bunting pada kucing, kita harus dapat dengan sigap mempersiapkan segala sesuatunya menjelang kelahiran.

Tanda Tanda Kucing Melahirkan

Pada kucing yang akan melahirkan menunjukkan tanda-tanda seperti berikut :

  • Yang paling mudah dikenali adalah Berisik
  • Menggaruk-garuk alas atau tempat pembuangan kotoran.
  • Kucing cari tempat tersembunyi dalam melahirkan anaknya sekaligus supaya anaknya aman dari kucing lain.
  • Nafsu makannya berkurang.

Bila kucing kita sudah menunjukkan gejala seperti itu, maka sebaiknya harus meningkatkan pengawasan pada kucing tersebut. Cara paling mudah yaitu dengan memasukkan kucing ke dalam kandang jadi pengawasan dan penanganannya mudah dan cepat.

Tips Pintar Membantu Kucing Melahirkan

Yang perlu diperhatikan yaitu tanda-tanda kehamilan kucing. Bila anda sudah mengetahui ciri ciri kucing hamil, maka bawalah ke dokter hewan untuk di pemeriksa. Bila kucing sedang hamil telah memasukai usia 42 hari, nutrisi sangat penting karena untuk perkembangan janin dan kucing hamil agar memperoleh asupan gizi yang tepat.

Anda terlebih dulu juga harus membuat sarang khusus untuknya. Kucing butuh kehangatan, ketenangan serta tempat yang aman ketika melahirkan anaknya. Kucing hamil yang hendak melahirkan mencari yang pas dan nyaman saat mendekati masa melahirkan.

Mengatasi Persalinan Kucing Sendiri

Ada hal yang harus dipersiapkan, anda harus tahu tanda-tanda kucing mau melahirkan jika waktunya sudah semakin dekat. Misalnya berjalan terengah-engah, gelisah dengan mencari tempat bersembunyi, muntah, mendengkur cukup keras, sibuk membersihkan diri terutama pada bagian saluran kencing.

Anda tak perlu panik dan harus tetap tenang. Untuk cara mengatasi kucing yang melahirkan perlu dipersiapkan alat pembantu melahirkan yakni handuk, tali benang plastik, gunting stering alkohol dan alat pengisap untuk air ketuban.

Setelah disiapkan, anda harus mengelus-ngelus hewan kesayangan secara lemah lembut agar memberi efek rileks. Kelahiran normal kucing kampung biasanya akan merobek plasenta pada anaknya dan menjilati air ketuban. Ini dilakukan induk kucing supaya bulu-bulu anaknya jadi bersih dan cepat kering. Induk lalu menggigit tali pusar dan ari-ari anak kucing. Insting alami kucing kampung cukup baik dan beda dengan kucing ras.

Ini diperkuat karena campur tangan manusia, jadi insting kucing ras tak sebaik kucing kampung. Lama waktu melahirkan kucing kurang lebih adalah 15-30 menit hingga anaknya keluar dari rahim induknya.

Bila proses melahirkan selesai, bersihkan dulu induk khususnya pada bagian puting susu. Kemudian pangkal tali pusar diikat dengan benang nilon kemudian potong tali pusar anak kucing. Lakukan hal tersebut sebanyak jumlah anak kucing yang dilahirkan. Selanjutnya, proses berikutnya adalah mengeringkan cairan ditubuhnya. Gosok dengan perlahan dan hati-hati supaya tidak menyakiti anak kucing yang baru saja lahir.

Nah, tahap berikutnya adalah menaruh induk kucing dan anak-anak kucing pada tempat yang beda selama seminggu. Di minggu berikutnya taruhlah induk kucing dan anaknya dalam kandang yang sama supaya bisa memberi asi alami.

Incoming search terms:

  • tempat kesukaan kucing beranak

Leave a Reply