Ini Dia Penjelasan Dan Alasan Kenapa Kucing Takut Timun

Ada hal aneh dan unik mengenai kucing. Meskipun kucing itu telah masuk ke dalam kehidupan manusia sudah sejak 6.000 tahun SM. Tapi nampaknya manusia masih belum dapat memahami sepenuhnya mengenai tingkah laku binatang mamalia karnivora yang berasal dari keluarga Felidae ini. Salah satunya adalah tingkah lucu dan aneh kenapa kucing takut timun.

Pada wqaktu akhir-akhir ini telah muncul video viral yang telah memperlihatkan seekor kucing yang terkejut hingga melompat tatkala binatang itu melihat timun. Biasanya di dalam video itu ditampilkan tingkah polah kucing yang sedang asyik makan, lalu sang pemilik tiba tiba meletakkan sebuah timun di belakang kucing.

Ketika kucing itu menengok ke belakang, dengan serta merta dia terkejut sambil melompat ketakutan. Nah muncul pertanyaan dari banyak orang setelah melihat video seperti ini adalah: Mengapa seekor kucing takut terhadap timun?

Alasan Kenapa Kucing Takut Timun

Penasaran dengan teka-teki kenapa kucing takut pada mentimun pada akhirnya terjawab sudah. Penjelasan ini kemukakan setelah akhir-akhir ini dalam jagat internet diramaikan dengan video-video dan juga gambar-gambar bergerak yang memperlihatkan kucing takut mentimun. Kucing-kucing dengan ketakutan meloncat ke udara, bersiap melawan, serta mereka akan lari terbirit-birit.

Yang jadi pertanyaan, kenapa kucing takut timun? Apakah dahulu nenek moyang mereka juga punya riwayat “permusuhan” dengan buah yang berwarna hijau itu?

Jangan dulu terlalu cepat berprasangka!

Ini Dia Jawaban Kenapa Kucing Takut Timun

Merujuk pada pernyataan IFL Science, sejatinya kucing itu takut terhadap segala sesuatu yang tiba-tiba menyelinap di belakangnya—termasuk mentimun.

Bila dirubah seandainya si pemilik menyelinapkan nanas, mereka juga akan memberi respon yang sama: meloncat kaget.

Keterangan dari spesialis perilaku hewan Dr Roger Mugford mengatakan: “Saya pikir bahwa reaksi ini disebabkan oleh hal-hal baru dan tidak disangka-sangka; tiba-tiba ada benda yang menyelinap ketika kepala mereka lebih tertuju pada mangkuk makanan kucing.” Kucing memiliki kewaspadaan terhadap apa yang tidak dikenal.

“Bisa jadi mentimun itu adalah representasi dari ular atau predator lain. Saya menduga mereka akan menunjukkan reaksi yang sama ketika menemukan laba-laba mainan, ikan plastik, atau masker wajah manusia, di sela-sela kaki mereka,” tambah Mugrord. benarkah? Saatnya Anda mencobanya!

Dikutip dari keterangan Lara Chan dari Calgary Cat Clinic mengatakan sayuran panjang berwarna hijau menakutkan bagi kucing karena secara insting kucing mengiranya sebagai ular — bahkan seandainya kucing itu belum pernah melihat ular sekali pun.

“Ini semacam bentuk pertahanan diri,” kata Chan.

Chan mengatakan selama ini kita terlalu terpaku pada pemahaman bahwa kucing adalah semata-mata seekor binatang pemangsa (predator). Padahal, kucing juga bisa menjadi mangsa bagi binatang lain. Binatang ini bisa menjadi korban kebuasan ular.

Chan menyarankan agar manusia tidak mempermainkan kucing dengan menakut-nakutinya dengan timun.

“Anda benar-benar membuat kucing takut. Mereka bereaksi seperti itu karena mereka sangat terkejut dann khawatir akan terluka. Sedangkan Anda melakukan ini di dalam rumah yang menjadi tempat yang aman bagi kucing,” ujar Chan.

“Perbuatan seperti itu bisa membuat kucing stres. bila melakukannya untuk lelucon semata, dimana rasa perikemanusiaan Anda?” kata Jill Goldman, seorang ahli perilaku hewan kepada The Huffington Post.

Para ahli menyarankan agar jangan sekali-sekali menakut-nakuti kucing piaraan dengan timun lagi. Bila hendak memperkenalkan mainan baru, lakukanlah perlahan-lahan. Mainan adalah stimulasi mental agar binatang senang, bukan menakut-nakuti.

 

Incoming search terms:

  • kucing takut timun

Leave a Reply